Studio Visit Museum Rumah Garuda

Sabtu, 12 Oktober 2024

Studio visit menjadi kegiatan yang menarik sebagai sarana untuk masyarakat melihat pergerakan edukasi sosial. FKY mengajak masyarakat mengunjungi Museum Rumah Garuda. Rumah Garuda ini juga memiliki visi sebagai pusat rujukan pengetahuan tentang Garuda secara luas dan Garuda Pancasila sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan misi yang dijalankan adalah melakukan penelitian dan pengkajian terhadap lambang Garuda Pancasila, melaksanakan program yang bersifat kebangsaan melalui berbagai jenis media, serta mensosialisasikan hasilnya melalui pendidikan, seni, dan budaya kepada anak-anak dan masyarakat Indonesia. Lokasi Museum Rumah Garuda Nanang di Area Sawah, Trirenggo, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, DIY.

Studio visit Museum Rumah Garuda diikuti oleh 18 peserta dari berbagai daerah Bantul hingga Sleman. Di sini mereka menjelajahi pengetahuan tentang Garuda sebagai makhluk mitologi yang erat kaitannya dengan simbol perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, Garuda Pancasila.

Di museum ini, dramaturgi Garuda tidak hanya ditampilkan melalui benda-benda yang secara kaku ditempelkan di tembok. Para pengurus di sana melakukan kerja-kerja kreatif sedemikian rupa supaya pengetahuan tentang Garuda bisa tersampaikan secara menyenangkan dan interaktif.

Menariknya, Museum Rumah Garuda tidak hanya diisi oleh benda-benda bernarasi Garuda secara langsung. Terdapat berbagai macam alat musik yang dimodifikasi menyerupai senjata api. Upaya ini menghasilkan nuansa “patriotisme” di setiap modifikasi alat musik Museum Rumah Garuda.

Seorang pengurus Museum Rumah Garuda mempertunjukkan bagaimana alat musik berbentuk senjata api dimainkan. 

Tidak ketinggalan, para peserta juga turut memainkan berbagai alat musik di Museum Rumah Garuda.

Agenda Terkait
Sabtu, 12 Oktober 2024
14.30 - 17.00
Jelajah Budaya - Lokakarya
Studio Visit Museum Rumah Garuda
Trirenggo, Bantul, DIY