Tosan Aji di Studio Empu Agus Suryono

Jumat, 11 Oktober 2024

Lokakarya pembuatan keris atau tosan aji yang jarang sekali dilihat langsung oleh masyarakat. Melalui lokakarya ini, masyarakat diajak untuk melihat dan ikut dalam proses pembuatan keris atau tosan aji yang penuh makna dan bisa dikaitkan dengan perjalanan hidup yang sangat berarti. Kegiatan dengan tema tosan aji sangatlah jarang. Di FKY tahun 2024 ini bertema “Benda” maka sangat penting edukasi tentang tosan aji ini dilakukan. Narasumber lokakarya ini adalah Empu Agus Suryono yang berlokasi di Banyusumurup RT 06, Pajimatan Payaman Utara, Girirejo, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY.

Para peserta adalah 19 murid dari MA Binaul Ummah yang akan menyimak dan mempraktikkan proses pembuatan tosan aji. Sebelum memulai kegiatan lokakarya mereka mengisi daftar kehadiran terlebih dahulu.

Empu Agus Suryono membuka dengan pengenalan tosan aji sampai tahapan-tahapan yang perlu dilalui selama proses pengerjaan. Di sini para peserta mendengarkan dengan seksama setiap tutur yang dipaparkan.

Para peserta mendapatkan kesempatan untuk mencoba praktek langsung membuat bagian-bagian tosan aji. Tentunya dengan bimbingan Empu Agus Suryono untuk mengarahkan keterampilan tangan yang sangat diperlukan dalam pembuatan tosan aji.

Tahap demi tahap pembuatan tosan aji telah dipraktikkan oleh Empu Agus Suryono. Sampai pada proses pembuatan yang fungsinya untuk menambah kualitas keawetan tosan aji.

Pada tahap ini, Empu Agus Suryono menjelaskan lebih jauh tentang makna hingga filosofi tosan aji. Setiap bagian dan bentuk tosan aji dirancang tidak hanya mengikuti fungsinya. Terdapat nilai keindahan yang didasarkan pada tradisi dan kebudayaan masyarakat menentukan dari ragam bentuk serta ornamen tosan aji.

Photo bersama para murid MA Binaul Ummah dan Empu Agus Suryono untuk menutup lokakarya tosan aji sore itu.

Agenda Terkait
Jumat, 11 Oktober 2024
14.30 - 17.00
Jelajah Budaya - Lokakarya
Tosan Aji di Studio Empu Agus Suryono
Girirejo, Imogiri, Bantul, DIY