Alif Edi Irmawan

Siasat Bersilat Lidah

Tinta Cina, Cat Akrilik, dan Ecoline di Kanvas

80 x 220 cm (tiga panel)

2020

Karya ini saya ciptakan untuk merespon keadaan sosial politik di Indonesia, sebuah negara dengan sistem politik demokrasi yang memiliki banyak sekali partai politik tersebar di setiap provinsi. Hal menariknya adalah di negara ini partai politik memiliki simpatisan atau pengikut yang sangat fanatik. Karena kefanatikannya, terkadang mereka menjadikan kepentingan partai di atas segalanya dengan menghalalkan berbagai macam cara. Hal tersebut paling tampak pada penggunaan baju partai sebagai identitas. 

Di beberapa daerah, terkadang baju partai dipakai untuk berkegiatan sehari-hari oleh beberapa masyarakat, mulai dari anak kecil, dewasa, bahkan lansia. Baju partai tersebut memang diberikan oleh oknum partai politik untuk menggalang massa agar dapat memenangkan suara dalam setiap pemilihan umum yang diadakan setiap periodenya. Baju-baju itu diberikan dengan disertai sejumlah uang dan sembako untuk merayu masyarakat agar memilih partainya. Ditambah lagi, partai politik dalam masa pandemi ini banyak mengadakan kegiatan sosial sebagai bagian dari promosi untuk menaikan elektabilitas calon-calon yang diusungnya. Namun, hal yang terjadi adalah sebaliknya. Uang dan sembako di ambil, tapi suara pemilih belum tentu terjamin. Sekiranya, itu adalah salah satu siasat bagi masyarakat kelas bawah untuk tetap bertahan hidup hingga keadaan menjadi normal kembali.

Tentang Seniman

Alif Edi Irmawan berasal dari Kulon Progo dan besar di Surabaya. Ia menyelesaikan pendidikan seni di SMSR Surabaya (2014) dan mengambil seni lukis di ISI Yogyakarta (2020). Pada tahun 2013, ia bersama teman-temannya membentuk kelompok seni PAUD Terpadu. Sejak tahun 2015 sampai sekarang, ia bekerja sama dengan SASENITALA untuk aktif menyuarakan persoalan tentang seni, alam, dan budaya serta berperan aktif di masyarakat dengan menjelajah berbagai wilayah. Pada tahun 2019, ia menginisiasi terbentuknya sebuah kolektif dan ruang seni alternatif U Need Studio yang sampai sekarang masih aktif mengadakan kegiatan berkesenian.

Pameran Lainnya