Barasub

Light in the Hallway

Akrilik di Atas Akrilik

92 x 60 cm (3 panel)

2021

Berbeda dengan karya seni rupa dan pertunjukan yang memerlukan interaksi lebih terhadap peristiwanya supaya tidak kehilangan nuansa ataupun setiap detailnya, film menjadi media yang cukup sederhana untuk dapat dinikmati dari rumah. Hal inilah yang pada akhirnya membuat intensitas menonton film lebih banyak dilakukan daripada memperhatikan karya seni rupa di internet selama menjalani karantina atau pembatasan sosial.

Alih-alih menonton film, karya Light in the Hallway ini diadopsi dari poster box di lorong bioskop yang memajang film-film yang masih diputar. Poster menempati posisi penting di sana. Ia hadir sebagai medium penanda yang memantik orang untuk datang mengunjungi bioskop atau ruang peristiwa tersebut berlangsung. 

Dalam presentasi kali ini, kami menantang diri untuk me-reboot, me-remake,ataupunmendekonstruksi poster-poster dari film Indonesia yang paling membekas di ingatan atau film yang paling sering kami putar. Dalam konotasi lain, Light in the Hallway adalah upaya kecil yang membawa memori pembangkit semangat untuk terus bertahan dalam himpitan dan krisis. Sebuah keyakinan memulai awal yang baru untuk menikmati setiap momen dan hiburan yang sesungguhnya, yaitu kehidupan.

Tentang Seniman

Barasub merupakan sebuah ruang kolektif dan platform yang menaruh perhatian utama pada praktik kerja industrialisme, percetakan massal melalui stimulasi dengan pendekatan karya seni berbasis sekuensial dan drawing/ilustrasi. Barasub didirikan pada Oktober 2015 di Yogyakarta dengan upaya menghadirkan “fenomena yang lain” sebagai wacana seni rupa yang menarik dan otentik melalui program-programnya, seperti BERINGAS (cergam kompilasi), Cergam Personal, GRAOS (ilustrasi, poster, komik strip, dan fotografi), DINDING DENGUNG (street art), SOWAN (studio visit), CINEMA SEQUENCIA (animasi, film kartun, stop motion, dll), hingga praktik pemasaran LAIL (Lapak Ilegal). Selain itu, Barasub juga mendirikan badan penerbitan mandiri bernama Barasub Press untuk merilis berbagai produk wacana dan program yang telah selesai dieksplorasi.

Pameran Lainnya