Fika Ria Santika

Tumpuk Lapis Tampak Isi: Sibir 3 (Layers That Reveal Matter – Fragment 3)

Plastik, Baja, Benang, Nilon, Akrilik

Variable Dimension

2020

Tumpuk Lapis Tampak Isi adalah tema karya yang saya mulai dari tahun 2014 hingga sekarang. Karya ini terbagi dalam beberapa subjudul, di antaranya Rona, Sibir, dan Laras. Bagi saya, proses pembuatan karya sejalan dengan proses kehidupan. Pada karya ini banyak pengalaman saya yang hadir, seperti perjalanan, proses, harapan, dan masa depan. Pengamatan pada alam menghadirkan berbagai kemungkinan bentuk visual yang terus berubah seiring dengan perubahan pemahaman terhadap alam sendiri.

Karya ini saya mulai dari hal dasar dan mencari makna di setiap proses agar bisa terus belajar, di antaranya tentang siklus yang terus berulang, mulai dari kelahiran, kehidupan, pertumbuhan, kematian, hingga kembali lagi pada kelahiran. Sibir adalah potongan ingatan berupa pengalaman yang disatukan pada satu situasi yang baru. Sibir 3 merupakan harapan yang terus tumbuh di antara banyak kejadian.

Tentang Seniman

Fika Ria Santika lahir 1987 di Dataran Tinggi Minangkabau. Ia lulus dari Universitas Negeri Padang (2010) dan menyelesaikan gelar magisternya di ISI Yogyakarta (2012). Ia pernah menjadi pemenang Lomba Desain Mural di Galeri Nasional Indonesia tahun 2014. Pada tahun 2015, ia mengikuti residensi di Selasar Sunaryo Artspace, Bandung. Bagi Fika, alam selalu menjadi sumber inspirasi yang tak terbatas. Meski menarik stimulus kreatif dari bentuk-bentuk organik, Fika mendekati praktik artistiknya dengan bahan-bahan teknologi, seperti resin, akrilik, pigmen, cetak digital, dan lampu LED.

Pameran Lainnya