Tilarso

Yang Belum Terselesaikan

Mixed Media

Variable Dimension

2021

Yang Belum Terselesaikan merupakan karya dari kumpulan fragmen yang merekam momen aktivitas display (proses pajang karya) dilaksanakan, mulai dari permasalahan sepele sampai rumit. Fragmen yang terkumpul antara lain adalah bagian dari alat-alat display, karya seniman, dan rancangan display

Karya ini mengikuti jejak dan merekam berjalannya proses display ketika art handler sebagai tim display harus berjibaku dan berpikir mengikuti instruksi untuk menyelesaikan setiap masalah pemasangan karya. Tidak sedikit masalah yang harus dilalui, mulai dari kerumitan cara pemasangan karya, rancangan atau arahan pajangyang kurang jelas, hingga diskusi dengan tim kurator tentang pemilihan tempat yang harus diselesaikan tepat waktu. Semua hal ini harus dilalui agar karya yang dipajang dapat sesuai dengan harapan tim kurator dan seniman terlibat. Fragmen yang dipajang pada karya ini menjadi saksi bisu yang merekam proses pajang karya yang belum terselesaikan selama proses pengerjaan berlangsung.

Tentang Seniman

Rizki Tilarso menyelesaikan studinya di Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada tahun 2021. Ia aktif berpartisipasi dalam beberapa proyek seni di Yogyakarta dengan menggunakan media seni lukis, instalasi, dan video. Tilarso menerapkan konsep absurd dan unexplainable dalam karya-karyanya. Karya aneh tapi menarik yang ia ciptakan sering memicu perdebatan maupun tanda tanya pada penonton. Tilarso tertarik dengan visual diaries dan fragmen visual. Dalam prosesnya, ia memasukkan pecahan benda temuan yang ia kumpulkan. Benda-benda temuan ini menjadi pemicu ide-ide awal karyanya.

Pameran Lainnya