Putri Siswanto

Kerja-Kerja Seni

Poster A3

2021

Seperti yang sudah kita ketahui, pandemi ini masih belum selesai. Mungkin, masa seperti sekarang ini menjadi masa terberat bagi teman-teman pekerja seni, khususnya pekerja di balik layar. Peluang kerja yang sesuai dengan keahlian dan kapasitas mereka semakin terbatas. Bagi beberapa teman pekerja seni, mereka harus beralih profesi dengan berjualan makanan atau menerima pekerjaan selain bidang kesenian yang selama ini menjadi sumber pendapatan utama. Dalam ekosistem seni, teman-teman pekerja ini sering dikesampingkan, bahkan sebelum pandemi pun kesenjangan kesempatan kerja seringkali muncul.

Menanggapi kondisi tersebut, saya sebagai salah satu pekerja seni, mengajak teman-teman pekerja seni lainnya untuk berbagi cerita dalam sebuah sesi yang dinamai Apa Kabar Para Pekerja Kesenian?. Sesi tersebut menjadi sebuah ruang berbagi pengalaman serta keluh kesah para pekerja seni di balik layar selama masa sulit ini sebagai bentuk dukungan mental. Siapa pun dapat bercerita tentang pengalaman selama masa pandemi untuk saling menguatkan satu sama lain.

TENTANG SENIMAN

Putri Siswanto lahir dan besar di Gunungkidul (1987). Ia sempat menempuh pendidikan di jurusan Videografi, ISI Yogyakarta. Putri aktif bekerja sebagai pekerja seni “palugada”, tetapi sebagian besar praktiknya sebagai manajer dan koordinator proyek untuk program-program seni. Putri sering bekerja dengan berbagai pihak, seperti kurator, seniman, lembaga, kolektif seniman, baik nasional maupun internasional. Praktik pengelolaannya juga diaplikasikan di ranah lain. Putri bersama ayahnya sedang merintis usaha furnitur bernama Kaki Empat. Beberapa tahun belakangan ini, Putri tertarik untuk membongkar isu-isu pekerja seni yang jarang diperhatikan. Ia bergabung dengan sebuah kelompok bernama pe’er seni yang fokus pada pengembangan dan isu kerja seni.

Pameran Lainnya