Anang Saptoto

Pelanggan-Pelanggan 4.0

Fotografi

115 x 70 cm

2020

---

Doa-Doa Ngudi Mulyo

Fotografi

115 x 70 cm

2021

---

Pelanggan-Pelanggan 4.0

Fotografi

115 x 70 cm

2020

Karya-karya ini adalah representasi dari proyek seni saya bernama Panen Apa Hari Ini (Pari) yang ini saya jalankan sejak awal pandemi melanda Yogyakarta tahun 2020. Saya mencoba mendistribusikan hasil panen dan informasi aktivitas seputar pertanian. Foto-foto ini adalah gambaran relasi antara Kelompok Tani Kota (Poktan) Yogyakarta dan para pelanggan Pari.

Saya bermain-main kolase dengan memanfaatkan dokumentasi para anggota Poktan beserta hasil panennya, dan pelanggan Pari beserta hasil belanjanya. Anda bisa melihat, bagian bawah tubuh yang saya tempel buah dan tanaman adalah profil petani atau anggota Poktan. Saya mempertahankan bagian sisi atas (perut ke wajah) agar anda bisa mengenali dan kelak dapat bekerja sama dengan mereka. Di lain pihak, anda akan melihat bagian atas yang saya tempel buah dan sayur adalah profil pelanggan Pari. Saya sengaja menutup bagian perut ke wajah dengan panen yang mereka beli sebab sebagian besar pelanggan Pari malu dan meminta saya menutup identitasnya.

Terlepas dari itu, foto-foto ini telah menjadi penyemangat dan pencatat mengenai kerja-kerja Poktan dan bagaimana warga (pelanggan) memanfaatkan hasil bumi di lingkungan sekitar. Petani senang, pelanggan senang, Pari pun senang.

Tentang Seniman

Anang Saptoto (b. 1982) adalah seorang seniman, desainer, dan aktivis yang tinggal di Yogyakarta. Ia menyelesaikan pendidikannya di Jurusan Desain Komunikasi Visual, ADVY (2000-2005), dan Jurusan Televisi, FSMR, ISI Yogyakarta (2002-2009). Praktik kolaboratifnya berfokus pada ekologi dan perubahan sosial. Anang memandang seni sebagai sebuah sistem untuk mengangkat pembicaraan yang krusial. Dia memiliki pengalaman bekerja dengan anak-anak di sekolah, organisasi oleh dan untuk penyandang disabilitas, dan lingkaran solidaritas untuk tujuan HAM. Sejak tahun 2020, Anang menjadi Direktur MES 56. Di Panen Apa Hari Ini (Pari), Anang bertindak sebagai Direktur Artistik.

Pameran Lainnya