Bolak Balik Balok Kayu Nusantara

Kontingen Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul
Lari balok merupakan salah satu permainan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Permainan ini dimainkan dengan cara berlari di atas dua balok (dari empat balok yang tersedia) di atas lintasan.

Lari balok termasuk permaianan rakyat yang unik dan menyenangkan. Selain hanya memerlukan alat yang sederhana, lari balok juga memiliki tantangan tersendiri ketika dimainkan.

Pada prinsipnya, setiap habis melangkah, para pemain harus memindahkan balok yang berada di belakang ke posisi depan sebagai tempat berpijak. Pola tersebut dilakukan berulang hingga pemain menyentuh batas akhir alias garis finish.

Meski terlihat mudah, namun pada kenyataannya bermain lari balok butuh kemampuan yang mumpuni. Para pemain harus menggerakkan seluruh badannya dan setiap gerakan membutuhkan kelincahan, kekuatan, serta ketepatan sebagai strategi.

Alat dalam permainan ini tidaklah rumit. Hanya perlu balok berbahan kayu JATI BELANDA yang ringan dan kuat, dengan ukuran panjang sekitar 25 cm, lebar 9 cm, tinggi 4 cm, dan berat sekitar 50-100 gram. Dengan DIHIASI LUKISAN MOTIF BATIK KHAS GUNUNGKIDUL.

Untuk memainkannya, dibutuhkan juga lapangan atau ruang terbuka berukuran panjang kurang-lebih 5 meter dan lebar 2 meter. Dengan durasi 3 menit pemain bisa menempuh berapa meter. Pemenang adalah penempuh jarak terjauh.
Kompetisi Lainnya